General

General

Guru dan PISA

0
anonymous
May 24, 2021 04:00 AM 0 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

Mengapa guru terkhusus guri ipa belum mengenal tentang PISA? Kasusnya seperti di beberapa sekolah

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
0 Answers

Saran

0
anonymous
May 23, 2021 03:36 AM 1 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

hanya saran saja, terkadang guru IPA khususnya saya kurang informasi mengenai PISA. Sebaiknya dilakukan sosialisai terus menerus agar guru lebih mengetahui tentang PISA

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
1 Answers
Best Answer
0
anonymous
May 25, 2021
Flag(0)

Terimakasih untuk sarannya Pak/Bu, akan kita pertimbangkan untuk dilakukannya sosialisai mengenai soal PISA khususnya tentang literasi Sains..

Sign in to Reply
Replying as Submit

literasi sains

0
anonymous
May 23, 2021 03:28 AM 1 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

model pembelajaran apa yang sangat baik untuk diterapkan agar literasi sains siswa meningkat?

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
1 Answers
Best Answer
0
anonymous
May 25, 2021
Flag(0)

Terimakasih atas pertanyaanya bu, menurut saya Pembelajaran yang dianggap cocok untuk dapat membangun kemampuan literasi sains siswa adalah pembelajaran berbasis masalah (PBM). Pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadirkan oleh guru di dalam kelas sehingga siswa terpacu untuk belajar.

 

Jurnal model untuk  meningkatkan literasi Sains (SMP) bisa di akses https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/36

 

Jurnal model untuk  meningkatkan literasi Sains (SMA) bisa di akses

https://media.neliti.com/media/publications/176943-ID-perancangan-pembelajaran-literasi-sains.pdf

Sign in to Reply
Replying as Submit

Web

0
anonymous
May 20, 2021 04:21 AM 1 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

Sumber website pisa yg internasional apa ya

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
1 Answers
Best Answer
0
anonymous
May 25, 2021
Flag(0)

Ini yaa https://www.oecd.org/pisa/

Sign in to Reply
Replying as Submit

Saran untuk PISA

0
anonymous
May 20, 2021 03:45 AM 1 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

hanya saran saja, terkadang guru IPA khususnya saya kurang informasi mengenai PISA. Sebaiknya dilakukan sosoalosaso terus menerus agar guru lebih mengetahui

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
1 Answers
Best Answer
0
anonymous
May 25, 2021
Flag(0)

Terimakasih atas sarannya, akan kita pertimbangkan..

Sign in to Reply
Replying as Submit

Penyusunan soal PISA literasi sains

0
anonymous
May 20, 2021 03:38 AM 1 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

bagaimana cara menyusun soal PISA literasi sains?

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
1 Answers
Best Answer
0
anonymous
Jun 25, 2021
Flag(0)

Terimakasih atas pertanyaannya, ada beberapa cara dalam menyusun soal PISA Literasi Sains. Berikut kategori soal literasi Sains  adalah:
(a) Menjelaskan fakta-fakta, konsepkonsep, prinsip-prinsip dan hukumhukum.
(b) Menyajikan hipotesis-hipotesis, teoriteori dan model-model.
(c) Menjawab pertanyaan terkait dengant
pengetahuan atau informasi sains.

Contoh penyusunan soal literasi sains terdapat di link berikut https://www.youtube.com/watch?v=SXkfl7jK31E&t=6s

Sign in to Reply
Replying as Submit

Pengenalan PISA

0
anonymous
May 19, 2021 11:17 AM 2 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

apa yg harusnya dilakukan seorang guru agar mengenal PISA?

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
2 Answers
Best Answer
0
anonymous
May 25, 2021
Flag(0)

Terimakasih atas pertanyaannya, menurut sumber edukasi.kompas.com Hasil studi PISA 2018 menunjukkan setidaknya ada lima kualitas guru di Indonesia yang dianggap dapat menghambat belajar, yaitu: Guru tidak memahami kebutuhan belajar siswa, Guru sering tidak hadir, Guru cenderung menolak perubahan, Guru tidak mempersiapkan pembelajaran dengan baik dan Guru tidak fleksibel dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil studi PISA 2018. Adapun yang harus dilakukan seorang guru dalam mengenal PISA yang paling sederhana adalah mencari informasi PISA di berbagai plaform yang mudah untuk di akses, setelah lebih menganal apa itu PISA dan aktif mengikuti kegiatan seminar tentang PISA. Video pengenalan tentang PISA bisa di akses disini https://www.youtube.com/watch?v=5MQ_fLG7akI&t=1s

Sign in to Reply
Replying as Submit
Best Answer
0
anonymous
May 13, 2021
Flag(0)

Terimakasih atas pertanyaannya, menurut sumber edukasi.kompas.com Hasil studi PISA 2018 menunjukkan setidaknya ada lima kualitas guru di Indonesia yang dianggap dapat menghambat belajar, yaitu: Guru tidak memahami kebutuhan belajar siswa, Guru sering tidak hadir, Guru cenderung menolak perubahan, Guru tidak mempersiapkan pembelajaran dengan baik dan Guru tidak fleksibel dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil studi PISA 2018. Adapun yang harus dilakukan seorang guru dalam mengenal PISA yang paling sederhana adalah mencari informasi PISA di berbagai plaform yang mudah untuk di akses, setelah lebih menganal apa itu PISA dan aktif mengikuti kegiatan seminar tentang PISA. Video pengenalan tentang PISA bisa di akses disini https://www.youtube.com/watch?v=5MQ_fLG7akI&t=1s

Sign in to Reply
Replying as Submit

Seputar PISA

0
anonymous
May 18, 2021 03:58 AM 1 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

bagaimana persiapan indonesia untuk literasi sains pisa 2021?

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
1 Answers
Best Answer
0
anonymous
May 25, 2021
Flag(0)

Terimakasih atas pertanyaanya, menurut Mendikbud ada beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan literasi sains salah satunya melakukan transpormasi kepemimpinan sekolah, selengkapnya  bisa di akses melalui https://www.antaranews.com/berita/1400766/mendikbud-ungkap-lima-strategi-untuk-tingkatkan-penilaian-dari-pisa

Sign in to Reply
Replying as Submit

Sumber website

0
anonymous
May 13, 2021 03:54 AM 0 Answers General
Member Since Apr 2021
Subscribed Subscribe Not subscribe
Flag(0)

Sumber website pisa yg internasional apa ya?

0 Subscribers
Submit Answer
Please login to submit answer.
0 Answers

Scroll to Top